pembangunan

SEKRETARIAT

JL. Cipto Mangun Kusumo No. 1
Probolinggo - Jawa Timur

PHONE  +62 (0335) 432-024

  E-MAIL  [email protected]

Hits: 13
Masa Raya Paskah dan pelaksanaannya di GKJW

 

Paskah adalah peristiwa penting yang menjadi pondasi iman Kristen untuk menghayati karya penyelamatan Allah di dalam diri Yesus Kristus. Melalui kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, Allah berkenan mengampuni dosa-dosa manusia dan memberikan janji kehidupan kekal bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya (Yoh 3:16).

Gereja senantiasa menghayati dan menghadirkan peristiwa Paskah ini dalam kehidupan dan karya pelayannya di dunia. Peringatan Paskah dipersiapkan dan dirayakan dengan khidmat dan penuh sukacita.Gereja Protestan di Indonesia (termasuk GKJW) dalam memperingati Paskah mengikuti kebiasaan yang sudah ada dan dilaksanakan gereja-gereja Barat (Belanda)  antara lain : Ibadah mengawali pra paskah (Rabu abu), Ibadah Kamis Putih (cawisan), Ibadah Jumat Agung, dan Ibadah Paskah (kebangkitan)disertai Perjamuan Kudus. Sukacita Paskah ini terus dirayakan sampai Pentakosta (hari ke-50). Di GKJW, kegiatan ini diisi dengan bulan Kesaksian dan Pelayanan (Kespel) yang dimulai pada hari ke-40  (Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga). Adanya ibadah-ibadah khusus dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati Paskah adalah buah-buah dari  penghayatan makna Paskah oleh gereja (warga jemaat).

 

Ibadah-Ibadah khusus Masa Paskah

  1. Rabu Abu dan Pra-Paskah.

Memasuki 6 Minggu sebelum Paskah dilaksanakan ibadah menandai masa Pra Paskah yakni pada hari Rabu

  1. Substansi/Inti Ibadat : Panggilan untuk mempersiapkan diri menyambut Anugerah keselamatan Allah dalam Kristus Yesus. Manusia dengan usahanya sendiri tidak mampu melepaskan dirinya dari dari kuasa dosa dan dari murka Allah. Pengakuan dosa, kerendahan hati dan dan perubahan  sikap dan perilaku yang kurang terpuji menandai kesiapan Jemaat menyambut karya penyelamatan Allah dalam Kristus Yesus.
  2. Untuk membantu Jemaat menghayati substansi ibadah ini, pada Rabu Abu bisa dilakukan prosesi pemberian abu, dengan menaburkan sedikit abu di kepala atau menorehkan abu di dahi sebagai perendahan diri diakhir ibadah. Dapat juga dilaksanakan ibadah hening/meditatif yang menekankan intropeksi diri dan kesungguhan untuk memperbaiki diri. Abu hanya salah satu simbol, bisa digunakan elemen lain yag maknanya tetap bersesuaian. Abu atau debu yang digunakan agar didapatkan dari tempat/pembakaran yang layak.
  3. Bila disepakati oleh Majelis Jemaat dapat dicanangkan disiplin rohani bersama dalam tindakan etis seperti aksi pengumpulan sembako yang disisihkan di setiap hari tertentu untuk dibagikan pada bulan Kespel, berpantang menggunakan plastik, berhemat mengkonsumsi energi listrik atau penggunaan gadget secara bijak.Yang terutama, masa pra paskah bisa membantu jemaat lebih menghayati peristiwa salib.

 

  1. Pekan Suci (Minggu Palmarum, Tri Hari Paskah, dan Hari Paskah)

Dalam pekan Suci, jemaat merayakan misteri keselamatan yang diwujudkan Yesus Kristus pada hari-hari terakhir hidupNya, dimulai sejak Ia memasuki Yerusalem.

 

  1. Pada Minggu Palmarum
  2. Substansi/Inti ibadah:Mengenang peristiwa Yesus memasuki kota Yerusalem sebelum kematian dan kebangkitanNya. Dalam peristiwa itu, kemuliaan Yesus Kristus sebagai Raja dikaitkan dengan pemberitaan bahwa Anak manusia harus menderita seketika lamanya.
  3. Kegiatan-kegiatan: Pada Minggu ini pintu gerbang dan pintu masuk gereja dihiasi daun palem sebagai simbol perdamaian, kemenangan, dan pengharapan. Demikian juga ruangan gereja dapat sebagian dihias daun palem atau ranting-ranting yang lain, dan tidak perlu terlalu banyak.
  4. Jemaat meneriakkan kata “Hosana!” untuk menyambut prosesi pelayan ibadah dan majelis jemaat yang memasuki ruang ibadah, seperti orang-orang Israel yang menyongsong Kristus Yesus memasuki Yerusalem. (Catatan: Hosana artinya secara harfiah: Selamatkanlah kami!).

 

  1. Pada Kamis Putih
  2. Substansi/Inti Ibadah:Mengenang hari terakhir Yesus Kristus sebelum kematianNya. Jemaat memperingati perjamuan malam terakhir, pada malam Yesus dikhianati dan menghayati berat pergumulan Yesus dalam doa untuk memikul derita salib. Jemaat juga ditunjukkan semangat pelayanan dan kasih Kristus yang datang “tidak untuk dilayani, melainkan untuk melayani” melalui teladan pembasuhan kaki.
  3. Kegiatan-kegiatan: Pada Kamis Putih, Majelis jemaat dapat melayankan perjamuan kudus untuk memperingati perjamuan malam terakhir yang dilakukan Yesus Kristus sebelum kematianNya (bila mana sudah disepakati dan dipersiapkan/disosialisasikan dengan baik).
  4. Selain itu, bisa dilakukan prosesi pelayanan pembasuhan kaki. Pembasuhan kaki dilakukan oleh Pendeta kepada Penatua, Diaken, Guru Injil dan (perwakilan) warga jemaat. Bisa juga dilakukan oleh anggota Majelis Jemaat, sesudah saling membasuh satu sama lain, kepada semua warga jemaat.
  5. Dapat juga dilaksanakan ibadah hening/meditatif mengenangkan malam Getsemani sebelum Tuhan Yesus ditangkap. Dan juga pemutaran film yang sudah dipersiapkan.

 

  1. Pada Jumat Agung
  2. Substansi/Inti Ibadah:menghayati sengsara dan kematian Tuhan Yesus Kristus. Hari ini merupakan hari di mana Sang anak Domba dikurbankan. Gereja merenungkan Sengsara Tuhan dan merenungkan asal-usulnya yang dikaitkan dengan penderitaan Kristus Yesus. Pada masa ini gereja juga mendoakan keselamatan seluruh dunia.
  3. Kegiatan-kegiatan: Dalam prakteknya gereja mula-mula, pada hari Jumat Agung tidak dilayankan Perjamuan Kudus karena perjamuan kudus dihayati sebagai pengucapan syukur (eucharist). Menurut sumber tertulis, Perjamuan Kudus pada hari Jumat dilaksanakan baru pada sekitar tahun 1825 yang diawali oleh gereja Protestan di Belanda (Delft) dan kemudian juga dilakukan oleh gereja protestan di Indonesia. Pemahaman GKJW terhadap Perjamuan Kudus adalah tanda kudus untuk masuk dalam sukacita persekutuan Tuhan Allah dan umat-Nya menghayati kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

Pada masa ini, Jemaat diajak fokus menghayati sengsara dan kematian Kristus Yesus. Simbol warna liturgi yang digunakan adalah merah sebagai warna darah, lambang pengorbanan.

Bilamana tetap dilaksanakan Perjamuan Kudus, hal ini tidak lah berarti Perjamuan Kudus Jumat Agung adalah perjamuan kudus paling istimewa, karena kedudukan perjamuan kudus yang lain,-yang ditetapkan GKJW juga sama bobot dan nilainya. Untuk pemakain stola tetap menggunakan warna merah.

  1. Dalam peringatan jumat Agung bisa dilaksanakan prosesi jalan salib (toledo) atau cerita refleksi penderitaaan dan kematian Kristus baik dalam dramaturgi ataupun pemutaran film penyaliban Yesus.
  2. Majelis jemaat juga bisa menyelenggarakan ibadah hening/meditatif untuk mengenang dan menghayati sengsara/penderitaan Kristus Yesus di kayu salib.

 

  1. Pada Sabtu Sunyi
  2. Substansi/Inti Ibadah:Mengenang dan menghayati kesunyian/Nepi (Jawa)
  3. Kegiatan-kegiatan: Pada Sabtu Sunyi, jemaat tidak melakukan kegiatan di dalam gedung gereja. Jemaat membaca dan menghayati perikop-perikop yang telah disediakan oleh leksionari di rumah masing-masing atau disebut Macapatan (Maca Injil papat)

 

  1. Pada Paskah
  2. Substansi/Inti Ibadah:Sukacita menjadi nuansa yang dirayakan dalam Paskah. Di hari hari ini, Ia yang mati telah bangkit mengalahkan maut. 
  3. Kegiatan-kegiatan:Ibadah Paskah dilakukan pagi-pagi sekali sebelum fajar. Pada hari Paskah ini, dilakukan perjamuan kudus sebagai perayaan sukacita. Ibadat Perayaan Paskah dilakukan dengan menyalakan banyak lilin sejak sebelum ibadat dimulai. Selain lilin yang telah dinyalakan dalam gedung gereja, Majelis jemaat bisa juga membawa lilin dalam prosesi masuk gedung gereja dalam ibadat. Hal ini merupakan simbol Kristus Yesus Terang dunia.

Selesai Ibadah, bisa dilakukan acara mewarnai telur Paskah dan pencarian telur untuk jemaat khususnya anak-anak. Atau kegiatan lainnya. (Bersambung).

               

 TATA IBADAH MINGGU 14 APRIL 2019

PAGI 07.00

SORE 17.00

Bacaan : Lukas 19: 28-40

Bacaan: Lukas 19:28-40

Dasar Persembahan : Hosea 6:6

Dasar Persembahan: Matius 6:3-4

PKJ 79:1,2

PKJ 2:1

KJ 155:1,2,3

KJ 262:1-…

PKJ 59:1

PKJ 241:1-…

KJ 161:1,3

KJ 222b:1,3

PKJ 275:1

PKJ 258:1,2

KJ 178:1

 

PKJ 156:1,2

 

KJ 52:1,2

 

PKJ 293:1

 

KJ 253:1,3

 

 

BAHAN BACAAN UNTUK KELUARGA MINGGU INI

Tema Pekan Suci (14-20 April 2019)

“Cinta Kasih Dasar Ketaatan Melakukan Kehendak Allah”

NO

HARI/TGL

PAGI

MALAM

1

SENIN

15/04/19

Yesaya 42:1-9

Ibrani 9:11-14

2

SELASA

16/04/19

Yesaya 49:1-7

Yohanes 12:20-36

3

RABU

17/04/19

Yesaya 50:4-9

Yohanes 13:21-30

4

KAMIS

18/04/19

Keluaran 12:1-15

1 Korintus 11:23-26

5

JUMAT

19/04/19

Yesaya 52:13-53:12

Ibrani 10:16-25

6

SABTU

20/04/19

Mazmur 31:1-4,15-16

1 Petrus 4:1-6

 

IBADAH MINGGU 14 APRIL 2019

NO

TEMPAT

JAM

PELAYAN FIRMAN

PIKET

Imam: Dkn Mardiono

Pembaca Firman: Pnt Priyo Djatmiko

Pengakuan Iman: Dkn Retno Kanti

Pemandu Persb: Pnt Retno W 

Penerima Tamu:  Pnt Rini Dwi & Dkn Santoso

Petugas LCD: Sdri Hesti

ORGANIS /SONG LEADER

Bp Priyo Djatmiko,

Ibu Endah Bahrie & Ibu Yuliarto Ice

1

INDUK

07.00

Pdt Patria Yusak

2

Sukapura

   08.00

Dkn. Anik Z

3

Balita

07.00

Ibu Nuri Hutami

4

Pratama

07.00

Ibu Reni Puji

5

Madya

07.00

Ibu Yuliatie

6

Remaja

07.00

Bp Urip Waluyo

7

INDUK

17.00

Pdt Patria Yusak

PIKET

Imam: Dkn Titik W

Pembaca Firman: Pnt Triana K

Pengakuan Iman: Pnt Wajib S

Pemandu Persb: Pnt Widodo EB

Penerima Tamu: Pnt Alpha T & Dkn Anik Z

Petugas LCD: Bp Widianto

ORGANIS /SONG LEADER

 Bp Kismoyo Adi

Bp Wimba NA & Ibu Emmy R

 

IBADAH PERJAMUAN KUDUS JUMAT AGUNG 19 APRIL 2019

NO

TEMPAT

JAM

PELAYAN FIRMAN

PIKET

Imam: Pnt Priyo Djatmiko

Pembaca Firman: Dkn Retno K

Pengakuan Iman: Pnt Retno W

Pemandu Persb: Pnt Rini Dwi S.S

Penerima Tamu : Dkn Santoso & Pnt Siti Husnul 

Petugas LCD: Sdri Rima Christian

ORGANIS /SONG LEADER

Bp. Ardian,Ibu Diah VB & Sdri Thesarina

1

INDUK

07.00

Pdt Patria Yusak

2

Sukapura

08.00

3

Balita

07.00

Sdri Dewi A

4

Pratama

07.00

5

Madya

07.00

6

Remaja

07.00

 

IBADAH MINGGU PASKAH 21 APRIL 2019

NO

TEMPAT

JAM

PELAYAN FIRMAN

PIKET

Imam: Dkn Retno K

Pembaca Firman: Pnt Retno W

Pengakuan Iman: Pnt Rini Dwi S.S

Pemandu Persb: Pnt Suhud J

Penerima Tamu: Pnt Siti H & Dkn Sri Irianto

Petugas LCD: Bp Santoso N

ORGANIS /SONG LEADER

Ibu Rista, Ibu Putri Tj & Ibu Else Paulana

1

INDUK

07.00

Pdt Patria Yusak

2

Sukapura

08.00

3

Balita

07.00

4

Pratama

07.00

5

Madya

07.00

6

Remaja

07.00

 

  1. Disampaikan terimakasih kepada seluruh warga jemaat dan NN yang sudah mempersembahkan untuk pembangunan Kapanditan. Tuhan Yesus memberkati.
  2. Persembahan Pembangunan bisa disampaikan melalui Rekening Panitia Pembangunan Bank Mandiri Nomor Rek. 143 001 659 3368 atas nama Wajib Sumuyud.

 

 

 JADWAL PELAYANAN KHUSUS

BULAN

NAMA

PELAYAN

 

 

 

APRIL 2

Ibu Soponyono

 

 

 

Perjamuan Kudus

Ibu Sri Lestari

Bp. Mudjianto

Bp. Didik

Ibu Sediajeng

Ibu Sadinem

DI MOHON KOORDINASI / KOMUNIKASI ANTARA PELAYAN   DAN YANG DI LAYANI

       

 

IBADAH KRW MINGGU INI

NO

KRW

HARI/TGL.

TEMPAT

ALAMAT

PELAYAN

1

Getsemani

Senin, 15-04-19

Pukul 18.00

Bp Setyo Budi K

Pondok Gabriela

Ibu Isyana

 

WARGA YANG BERULANG TAHUN MINGGU INI

NO

NAMA

TANGGAL

ALAMAT

1

Dyah Kwandani Tetesingsih

14/04/2019

Perum Puri Kerinci Asri-Pilang

2

Arga Christian Herdianto

14/04/2019

Perum Gubernur Suryo Selatan Blok

3

Pudji Hartati

15/04/2019

Perumahan Satelit II  Desa Leces

4

Budi Whisnu Mukti

15/04/2019

Jl.Suyoso 13, Sukabumi-Mayangan

5

Ryan Gardika Anggi Wardoyo

15/04/2019

Jl.Dr Sutomo III/16 RT 04 RW 05 Tisnogaran

6

Sumartini

15/04/2019

Jl.Raya No.24 Sukapura

7

Bambang Hari Sucahyoadi

17/04/2019

Perum Sumbertaman Indah Jl.Taman Bugenvil

8

Else Paulana

17/04/2019

Jln.Suyoso 83 RT 02 RW 06

9

Ester Nita Setyowati

17/04/2019

Jln.Citarum Perum Kentangan No.09 RT 02 RW

10

Andra Ariyandi Surjanto

18/04/2019

Jl.Citarum Perum Mutiara Ageng Blok F No.03

11

Sedijadjeng

18/04/2019

Jl.Mawar 43 RT/RW 02/01 Sukabumi

12

Benerictus Bangkit Kusuma Adi

20/04/2019

Jl.Panglima Sudirman A58 RT/RW 03/02

13

Retno Wandasari

20/04/2019

Jl.Mawar 43 RT/RW 02/01 Sukabumi

WARGA YANG BERULANG TAHUN PERNIKAHAN MINGGU INI

1

Bp. Hermanu + Ibu Tjuni Tutik

18/04/2019

Jl.Cokro Aminoto Gg Kirana 30

 

2

Bp. Trijo Sudjarwanto + Ibu Paulina  Christiani

20/04/2019

Perum Pondok Pabean Indah L10

 

3

Bp. Mochamad Bahri + Ibu

Dwi Endah Wahyuni Silas

20/04/2019

Jln.Ronggojalu No.40 RT 02/RW 02 Dsn Sumberbulu

 

           

NB:Bagi Warga yang berulang tahun dan berulang tahun pernikahan minggu ini belum tercantum. Mohon menemui sekretaritan untuk input data baru. Terima Kasih

 

PETUGAS WAPAM BULAN APRIL 2019

TANGGAL

IBADAH

PETUGAS

KRW/KOMISI

KETERANGAN

 

 

 

19 APRIL 19

 

 

PAGI

Bp Herman

Ibu Sri Purwanti

Bp Adi M

Ibu Hermin

Bethlehem

Bethlehem

Leces

Leces

 

 

 

Jumat Agung

PAGI

Bp Yulianus

Bp Sriyono

Efrata

Efrata

 

 

 

21 APRIL 19

 

 

PAGI

Sdr Windra

Sdr Tian

Bp Gatot Hari

Ibu Gatot Hari

KPPM

KPPM

Nazareth

Nazareth

 

 

Paskah

PAGI

Bp Urip Teguh

Sdr Danang

Sion

Sion

 

INFORMASI KEGIATAN MINGGU INI

NO

HARI/TGL

JAM

KETERANGAN

 

Minggu, 14-04-2019

09.00

Sidang Majelis k-2 dimohon kehadiran seluruh anggota Majelis, mohon dukungan doa warga jemaat.

 

Kamis, 18-04-2019

18.00

Ibadah Persiapan (Refleksi Malam di  Getsemane), dimohon kehadiran seluruh warga  dan majelis jemaat ( sekaligus persiapan teknis)

 

Jumat, 19-04-2019

07.00

Ibadah Jumat Agung dan Perjamuan Kudus.

 

Sabtu, 20-04-2019

15.00

Diadakan acara pondok paskah untuk semua jenjang di KPAR, berkumpul di greja. Yang wajib menginap hanya madya dan remaja.

18.00

Sosialisasi dari tim P2A. Wajib bagi orang tua untuk mendampingi anaknya didalam acara tersebut.

 

Minggu, 21-04-2019

05.00

Ibadah Paskah, dimulai pukul 05.00 WIB . Pukul 07.30 WIB anak anak KPAR ada lomba mencari telur. Dimohon partisipasinya

08.00

Pelayanan kesehatan warga

 

INFORMASI TAMBAHAN

  1. Expo II GKJW dilaksanakan tanggal 10-12 Mei 2019 di GKJW Mojowarno
  2. Undangan Pembinaan Pra Sekolah Teologi. Khususnya diberi kesempatan bagi siswa siswi SLTA kelas 2 dan 3 yang berminat melanjutkan sekolah Teologi/melayani greja untuk mengikuti pembinaan tanggal 26-28 April 2019 di Balewiyata Malang dengan biaya akomodasi  dan konsumsi Rp.400.000,-. Ditangung jemaat. Bagi yang berminat harap memnghubungi sekretariat
  3. RS Marsudi Waluyo Malang membuka lowongan pekerjaan bagi anak-anak GKJW, persyaratan dapat dilihat di papan pengumuman.
  4. Ucapan terima kasih pada NN atas persembahan dua kontaktor dan satu breaker untuk Emergency Gen Tuhan Yesus Memberkati
  5. Dana yang sudah terkumpul dari KRW untuk panyengkuyungan Sdr. Didik Rp. 2.204.000,- Tuhan memberkati.
  6. Dana Beasiswa untuk disetor ke MA yang sudah masuk:

KRW Bethlehem Rp. 380.000,-  KRW Nasareth Rp. 100.000,- KRW Bethesda Rp. 380.000,- KRW Leces Rp. 90.000,- (Untuk KRW yang belum setor masih ditunggu).

 

DOA SYAFAAT DALAM  MINGGU  INI :

  1. Warga yang sedang sakit / dalam Pemulihan :
  • Efrata       : Bp. Mujianto, Ibu Djiwati Mursaid, Ibu Sih Wibadyo,
  • Sion         : Anak Oktavian, Ibu Sadinem, Bp. Hutomo.
  • Betesda    : Anak Rangga,
  • Galilea     : Bp. Didik, Bp.Waras.
  • Siloam     : Bp. Sukardi,
  • Bethani    : Anak Lio, , Ibu Sedijadjeng, Ibu Siswo Tanoyo, Bp. Elan P.
  • Getsemane : Ibu Sri Lestari, Bp Imam Sudjono
  • Leces       : Bp /Ibu Harsoyo
  • Nasaret    : Ibu Soponyono, Ibu Dini . Ibu Edi Sulis, Ibu Yohana Magdalena.
  • Sukapura : Ibu Subur W, Sdri. Riema. Ibu Sukirno
  1. Panitia-panitia : PHBG, Panitia Pembangunan.
  2. Anak-anak yang sedang menempuh pendidikan, mencari Jodoh/kerja di dalam/luar kota.

 

PHMJ, 14 APRIL 2019

Copyright © 2019, GKJW Probolinggo. All Rights Reserved.

Design by: GKJW Probolinggo